Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemberian Kredit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Bank X Cabang Merdeka Malang)

Raysharie, PuputIswandyah (2011) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemberian Kredit Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Bank X Cabang Merdeka Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bidang perbankan merupakan salah satu bidang yang mendapat perhatian pemerintah karena bank merupakan salah satu sumber permodalan atau pembiayaan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Menurut sumber dari Bank X, Didalam Market Outlook pembiayaan Mikro di indonesia pun diebutkan bahwa berdasarkan stasistik kementrian koperasi dan UKM tahun 2005 jumlah UMKM di Indonesia lebih dari 44 juta unit usaha. Dari seluruh UMKM tersebut, diindikasikan baru sekitar 12% atau 5 juta saja yang mendapat Kredit Bank, dan 10% mendapat pinjaman dari LKM Non Bank. Sehingga masih terdapat 39 juta UMKM yang belum mendapat pembiayaan dari Bank. (Mandiri, 2009). Ini membuktikan bahwa perbankan menggunakan penilaian pada keputusan pemberian kredit. Melalui tahapan prosedur tersebut, maka pihak kreditur (bank) dengan mudah menetapkan penilaian kredit yang baik secara konsisten dan sesuai profil populasi dari calon debitur. Maka permasalahan yang terjadi pada Bank Bank X Cabang Merdeka Malang adalah bagaimana bank mempertimbangkan suatu permintaan kredit, serta memberikan keputusan tanpa melepaskan pedoman pokok yang harus dipegang teguh untuk menyehatkan dan menyelamatkan perputaran uang berupa kredit-kredit tersebut. Alat Analisis yang digunakan menggunakan menggunakan regresi logistic yaitu suatu metode alat analisis statistika yang mendeskripsikan hubungan antara variabel respon yang memiliki dua kategori atau lebih dengan satu atau lebih variabel penjelas berskala kategori atau interval. Hasil yang didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit yaitu variabel agunan, lama usaha, tanggungan dan omset penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/673/ 051105043
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2012 09:42
Last Modified: 06 Jan 2012 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105737
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item