Analisis Praktek Penganggaran dan Akuntabilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Malang)

Sartika, Devie (2011) Analisis Praktek Penganggaran dan Akuntabilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wacana mengenai kegagalan pemerintah daerah di dalam perencanaan APBD yang berarti bahwa terjadi kegagalan di dalam praktek penganggaran yang sama artinya dengan kegagalan perencanaan pelaksanaan APBD itu sendiri sehingga implementasi dari akuntabilitas menjadi semakin sulit untuk terlaksana. Kata "jauh panggang dari api" mengisyaratkan bahwa berbagai pihak dalam pemerintah daerah telah mengetahui korelasi antara praktek penganggaran dan akuntabilitas sudah tidak dapat diganggu gugat namun secara praktek yang terjadi menyatakan bahwa pelaksanaan yang sebenarnya masih jauh dari makna penganggaran dan akuntabilitas secara substansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek penganggaran dan akuntabilitas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian disajikan dan dianalisis sehingga akhirnya ditarik suatu kesimpulan yang terjadi dalam praktek penganggaran dan akuntabilitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari segi praktek penganggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang secara umum dilakukan pada saat penyusunan APBD Kota Malang yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006. Dari segi akuntabilitas, Pemerintah Kota Malang mewujudkan praktek ini dengan membuat laporan keuangan dan LAKIP setiap tahunnya. Dengan adanya berbagai kendala yang dihadapi baik dari segi internal dan ekternal, Pemerintah Kota Malang dapat terpacu untuk meminimalisasi kendala-kendala tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat Kota Malang dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/664/ 051105016
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jan 2012 15:51
Last Modified: 04 Jan 2012 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105727
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item