Pengaruh faktor Bank dan internal nasabah terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank “XXX” di Kota Bontang.

Suparna, NurAsti (2011) Pengaruh faktor Bank dan internal nasabah terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank “XXX” di Kota Bontang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang menjadi pertimbangan serta indikator yang paling bermakna di dalam setiap faktor yang menjadi keputusan nasabah untuk menabung di Bank “XXX” di Kota Bontang. Perilaku konsumen merupakan aktivitas seseorang dalam penggunaan barang dan jasa baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Dimana perilaku konsumen tersebut akan bersifat rasional dalam mengambil keputusan untuk memuaskan kebutuhannya terhadap barang dan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory (penjelasan), dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang nasabah PT Bank “XXX” Cabang Bontang melalui penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil kesimpulan dari analisis faktor ini adalah keputusan nasabah dalam memilih menabung pada Bank “XXX” di Kota Bontang dipengaruhi oleh faktor bank dan faktor internal nasabah. Dimana faktor bank itu antara lain faktor karakteristik produk bank menyumbang varian sebesar 55,642%; pelayanan dan kepercayaan menyumbang varian sebesar 61,697%; dan objek fisik bank menyumbang varian sebesar 70,589%. Dan faktor internal nasabah adalah pelayanan dan kepercayaan yang menyumbang 2 varian, yaitu faktor kepemilikan menyumbang varian sebesar 50,089% dan faktor informasi menyumbang varian sebesar 25,255%. Indikator dominan dalam setiap faktor antara lain adalah sebesar 38% indikator daya tarik bunga bank pada faktor karakteristik produk bank; sebesar 34,4% indikator pelayanan yang sopan dan ramah pada faktor pelayanan dan kepercayaan, sebesar 31,9% indikator tampilan interior bank pada faktor objek fisik bank. Sedangkan sebesar 61% indikator keunggulan bank dan nama besar / citra bank pada faktor kepemilikan, dan sebesar 65% indikator informasi media pada faktor kepemilikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/650/ 051104824
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2012 09:29
Last Modified: 06 Jan 2012 09:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105712
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item