Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Pada Konsumen Semen Gresik Di Kota Pasuruan..

AjiSulistiyoWibowo (2011) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Pada Konsumen Semen Gresik Di Kota Pasuruan.. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek yang meliputi variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas produk , loyalitas merek, dan aset merek lainnya terhadap keputusan konsumen menggunakan produk Semen Gresik di kota Pasuruan, baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlational research) , yang merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan korelasional antara dua variabel atau lebih melalui pengujian hipotesis, dengan 100 responden dari warga kota Pasuruan. Dalam menentukan sample, peneliti menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penemuan sample dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 13.0 for Windows . Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas produk , loyalitas merek, dan aset merek lainnya berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk Semen Gresik dengan tingkat signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 0,898 (89,8%). Sedangkan secara parsial variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas produk , loyalitas merek, dan aset merek lainnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk Semen Gresik dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel yaitu variabel kesadaran merek 0,000, variabel persepsi kualitas 0,000, variabel asosiasi merek 0,020, variabel loyalitas merek 0,001, dan variabel asset merek lainnya 0,033, Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel persepsi kualitas. Dari penelitian ini maka diharapkan perusahaan dapat lebih memahami lagi pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen, sehingga dapat merumuskan strategi pemasaran yang lebih baik guna menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/65/ 051100611
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Mar 2011 15:22
Last Modified: 21 Mar 2011 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105711
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item