Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. (Studi pada Pusat Kerajinan Sandal Spon dan Klompen, Desa Toyomarto, Singosari, Kabupaten Malang).

Robi, UunUmar (2011) Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. (Studi pada Pusat Kerajinan Sandal Spon dan Klompen, Desa Toyomarto, Singosari, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu usaha yang tidak mempunyai utang luar negeri, tidak banyak utang ke perbankan dan hanya menggunakan input lokal, UMKM mempunyai ketahanan luar biasa saat Indonesia terkena krisis ekonomi tahun 97/98. Jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia mencapai 99,99% total usaha yang ada pada tahun 2009. Usaha Besar hanya menyumbang 0,01% dari total usaha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Pusat Kerajinan Sandal Spon dan Klompen Dusun Ngujung dan Dusun Sumberawan sebagai salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Singosari Kabupaten Malang yang sudah terkenal secara turun temurun, terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui instrument pengurangan angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengambil informan pada Kepala Dusun yang merangkap sebagai ketua paguyuban pengrajin sandal spon dan klompen, serta kepada karyawan dan pengusaha atau pemilik usaha di Desa Toyomarto. Dari hasil wawancara, pengamatan dan dokumentasi diketahui bahwa Desa Toyomarto mempunyai potensi yang luar biasa. Salah satunya adalah Usaha Kerajinan Sandal Spon dan Klompen di Desa Ngujung dan Desa Sumberawan. Keberadaan usaha ini merupakan usaha icon desa yang turun temurun. Walaupun usaha sandal spon dan klompen ini mempunyai skala usaha yang berbeda-beda mulai dari usaha mikro hingga usaha menengah, tetapi para pemilik usaha tidak mengambil tenaga kerja dari luar dusun sehingga pengurangan angka pengangguran sangat terlihat. Pendapatan yang terbilang sangat mencukupi dari bekal usaha ini maupun bagi karyawannya, berefek pada pengentasan kemiskinan di daerah ini dan bisa menggerakkan roda ekonomi dari masyarakat. Sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sandal Spon dan Klompen Desa Toyomarto ini sangat berpengaruh pada tingkat kesejahteraan masyarakat dengan menyimpulkan dari pengaruhnya terhadap pengurangan angka pengangguran dusun dan sarana untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/637/ 051104872
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2012 10:12
Last Modified: 09 Jan 2012 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105697
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item