Mengkonstruksi Model Perencanaan Strategi Turnaround pada perusahaan PT. Garuda Indonesia Tbk dengan Blue Ocean Strategy (BOS) berbasis IT : Studi Fenomenologi

Parayudha, Riza (2011) Mengkonstruksi Model Perencanaan Strategi Turnaround pada perusahaan PT. Garuda Indonesia Tbk dengan Blue Ocean Strategy (BOS) berbasis IT : Studi Fenomenologi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Model perencanaan strategi merupakan hal yang yang terpenting dari perusahaan. Blue Ocean Strategy (BOS) merupakan konsep baru yang di gambarkan sebagai bagian dari proses strategi bisnis. Tujuan dari konsep Blue Ocean Strategy (BOS) memberikan gambaran untuk tidak bersaing di daerah yang sama. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan kreativitas yang mengubah strategi dunia bisnis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana model perencanaan strategi pada PT Garuda Indonesia Tbk. Dan kedua, bagaimana model perencanaan strategi PT Garuda Indonesia Tbk yang dikorelasikan dengan konsep Blue Ocean Strategy (BOS) berbasis IT. Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigma kualitatif untuk merancang dan melaksanakan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumenter. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Studi ini dilakukan dengan penelaahan gagasan para pakar, konsep yang telah ada, aturan yang mengikat obyek ilmu beserta profesinya. Pelaksanaan semua fungsi manajemen harus diawali dengan perencanaan. Strategi dikenal sebagai ujung tombak dari perusahaan yang akan bertarung pada pasar yang merupakan medan peperangan bisnis. Perencanaan strategi dapat membantu organisasi dalam memfokuskan visi dan memprioritaskan tujuan perusahaan. Untuk mempermudah dalam setiap langkah yang akan diambil oleh perusahaan maka terbentuklah tahap-tahap model strategi sebagai berikut: bersiap-siap (Stand by to successful), mempertegas visi dan misi (assures to vision and mission), menilai lingkungan (area to assess), menyepakati prioritas-prioritas (agrees on preferences), penulisan perencanaan strategi (decision if using strategy plan), melaksanakan rencana strategi (do it strategy plan), memantau dan mengevaluasi (monitoring and evaluating). Dari hasil penelitian diketahui bahwa model perencanaan strategi dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Strategi yang dikorelasikan dengan Blue Ocean Strategy (BOS) memberikan manfaat lebih dalam mencapai tujuan perusahaan. Sehingga sistem keamanan pun didukung dengan adanya Information Technology (IT) yang makin berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/632/ 051104771
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2011 15:11
Last Modified: 28 Dec 2011 15:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105692
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item