Peranan Audit Internal dan Efektifitas Pengendalian Internal Dalam Upaya Pencegahan Kecurangan (Fraud) pada Organisasi Sektor Publik (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di

Saputro, EkoSuandonoHeru (2011) Peranan Audit Internal dan Efektifitas Pengendalian Internal Dalam Upaya Pencegahan Kecurangan (Fraud) pada Organisasi Sektor Publik (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh audit internal dan pengendalian internal terhadap upaya pencegahan kecurangan ( fraud ) pada organisasi sektor publik. Penelitian terdahulu menunjukkan pengaruh yang signifikan variabel audit internal dan pengendalian internal terhadap pencegahan fraud pada sektor privat. Objek penelitian adalah KPPN dibawah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jawa Timur. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada pegawai KPPN yang dijadikan sampel penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan baik audit internal maupun pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap pencegahan fraud, namun pada pengujian secara simultan, variabel pengendalian internal berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel audit internal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pencegahan fraud . Pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap pencegahan fraud relatif kecil dibandingkan dengan penelitian terdahulu pada sektor privat. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh audit internal dan pengendalian internal dalam upaya pecegahan fraud pada sektor publik masih kurang dibandingkan pada sektor privat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/619/ 051104596
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2012 10:30
Last Modified: 03 Jan 2012 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105677
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item