Pengaruh Kebijakan Dividen dan Struktur Kepemilikan terhadap Kebijakan Hutang: Sebuah Perspektif Teori Agensi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2008)

Anggraeni, Ela (2011) Pengaruh Kebijakan Dividen dan Struktur Kepemilikan terhadap Kebijakan Hutang: Sebuah Perspektif Teori Agensi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kebijakan dividen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kebiakan hutang perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2006-2008. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling dan menghasilkan 35 perusahaan sebagai sa mpel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institutional. Di samping itu, penelitian ini juga menggunakan tiga variabel kontrol, antara lain profitabilitas, ukuran perusahaan, dan struktur aset. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kebijakan hutang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan dan struktur aset berpengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan. Sedangkan, kebijakan dividen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan. Secara simultan/serentak, keenam variabel bebas dan variabel kontrol tersebut berpengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/617/ 051104594
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2012 10:40
Last Modified: 03 Jan 2012 10:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105676
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item