Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang.

FitriShilfianitaWardhani (2011) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan dari variabel-variabel Relationship Marketing secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Malang Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research yakni penelitian yang menjelaskan tentang hubungan antara dua variabel dimana satu variabel memberikan efek tertentu pada variabel lain melalui pengujian hipotesis. Pengujian hipotesa diperoleh melalui serangkaian proses yang meliputi pengambilan sampel, pengambilan data, pengujian data, dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden, teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, dengan teknik simple random sampling . Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS . Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua variabel-variabel Relationship Marketing yang terdiri dari komunikasi (X 1 ), komitmen (X 2 ) , trust (X 3 ) , dan conflict handling (X 4 ) , berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang . Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (8,470 > 2,467) atau Sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa secara simultan (bersamasama), variabel-variabel Relationship Marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen , trust, dan conflict handling, berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari variabel komunikasi (X 1 ), komitmen (X

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/61/ 051100584
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Mar 2011 11:07
Last Modified: 22 Mar 2011 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105668
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item