Pengaruh Penyelenggaraan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi (Survei Pada Pasar Dinoyo Kota Malang)”

Aini, Nur (2011) Pengaruh Penyelenggaraan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi (Survei Pada Pasar Dinoyo Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketidakmampuan akuntansi merupakan salah satu faktor utama yang menimbulkan permasalahan dan mengakibatkan kegagalan perusahaan kecil dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini melakukan analisis pengaruh penyelenggaraan dan penggunaan informasi akuntansi terhadap persepsi pengusaha kecil atas informasi akuntansi (Studi pada Pasar Dinoyo Kota Malang). Penyempelan dilakukan berdasarkan random sampling pengusaha kecil di pasar dinoyo Kota Malang. Pengumpulan data di daftar pertanyaan (kuesioner) dilakukan dengan tenaga surveyor yang mendatangi langsung responden. Data yang dapat diolah sebesar 100 responden pengusaha kecil. Medote analisis data yang digunakan adalah regresi analisis berganda dengan menggunakan software SPPS 15.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel penyelenggaraan (X 1 ) dan variabel penggunaan (X 2 ) memiliki pengaruh signifikan terhadap (Y) persepsi pengusaha kecil atas informasi akuntansi. Dari perhitungan regresi diketahui bahwa penyelenggaraan dan penggunaan berpengaruh terhadap persepsi pengusaha kecil atas informasi akuntansi sebesar 86,6% sedangkan sisa 13.4% dipengaruhi factor lain yang tidak diteliti. Secara parsial dapat diketahui variabel penyelenggaraan (X 1 ) sebesar 50.8% dan variabel penggunaan (X 2 ) sebesar 43.7%, untuk variabel yang paling dominan adalah variabel penyelenggaraan (X 1 ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/609/ 051104510
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jan 2012 15:05
Last Modified: 19 Nov 2020 05:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105667
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item