Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu Mengenai Undang-Undang Pajak Penghasilan Terhadap Pelaksanaan Sistem Self Assessment.

Rahman, Andy (2011) Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu Mengenai Undang-Undang Pajak Penghasilan Terhadap Pelaksanaan Sistem Self Assessment. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana pengaruh suatu persepsi seorang wajib pajak orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu mengenai undang-undang pajak penghasilan terhadap pelaksanaan sistem self assessment yang berlaku dalam sistem perpajakan di Indonesia yang terdapat pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta sebagai landasan teoritis penelitian menggunakan metode studi kasus. Wajib pajak orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu adalah unit analisis dari penelitian ini. pemilihan informan dalam penelitian dilakukan dengan cara purposive serta pseudonym digunakan dalam penyajian data hasil peneliti. Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh hasil bahwa wajib pajak orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu memiliki persepsi yang positif terhadap undang-undang pajak penghasilan. Faktor pembentuk dari persepsi positif itu sendiri berasal dari dalam diri dan lingkungan dari wajib pajak tersebut. Faktor-faktor dari dalam diri yang ditemukan diantaranya adalah proses belajar, motivasi diri dari wajib pajak untuk mempelajari undang-undang pajak penghasilan dan motivasi dari wajib pajak orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu untuk menghindari sangsi perpajakan, serta kepribadian dari wajib pajak. Faktor dari lingkungan yang ditemukan adalah fiskus. Faktor dari fiskus tersebut menyangkut integritas, kualitas profesionalisme, kualitas pelayanan, kotinuitas penyuluhan, dan kontinuitas pengawasan, dan pemeriksaan dari fiskus itu sendiri. Dari persepsi positif wajib pajak orang pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu mengenai undang-undang pajak penghasilan berpengaruh positif pula terhadap pelaksanaan sistem self assessment yang terjadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Dimana semakin baik persepsi yang dimiliki oleh seorang Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu terhadap undang-undang pajak penghasilan akan semakin baik pula kualitas dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya pada Kator Pelayanan Pajak Pratama Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/604/ 051104457
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2011 14:58
Last Modified: 29 Dec 2011 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105662
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item