Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Kredit Bank Jatim Cabang Malang)

Abdie, Raymond (2011) Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Kredit Bank Jatim Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor dalam konsep relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research yakni penelitian yang menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesa yang telah dirumuskan. Pengujian hipotesa diperoleh melalui serangkaian proses yang meliputi pengambilan sampel, pengambilan data, pengujian data, dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 orang responden, teknik pengambilan sampel menggunakan non-probality sampling , dengan teknik accidental sampling . Pengambilan data diambil melalui kuisioner dan pengujian data dilakukan sengan program SPSS . Analisis data yang dilakukan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, semua faktor-faktor relationship marketing yang terdiri dari kebenaran (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), dan keuntungan bersama (X 4) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) kredit Bank Jatim Cabang Malang. Hasil penelitian menunjukkan F hitung hasil penghitungan lebih besar daripada F tabel (21,224 > 2,468) atau Sig. F < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti secara simultan (bersama-sama) faktor-faktor relationship marketing yang terdiri dari kebenaran, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama berpengaruh kepada kepuasan pelanggan. Hal lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, semua faktor-faktor relationship marketing relationship marketing yang terdiri dari kebenaran, komitmen, komunikasi, dan keuntungan bersama berpengaruh kepada kepuasan pelanggan. Hasil pengujian tersebut memberikan informasi tambahan bahwa faktor yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah faktor kebenaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/603/ 051104456
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2011 14:10
Last Modified: 29 Dec 2011 14:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105661
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item