Analisis Lingkungan Bisnis Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada KSU. Rukun Santoso Kabupaten Blitar

Puspitasari, Devitha (2011) Analisis Lingkungan Bisnis Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada KSU. Rukun Santoso Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kekayaan alam, dan sektor peternakan adalah penyumbang terbesar pendapatan negara Indonesia pada sub sektor pertanian. Pada tahun 2002 kontibusi peternakan terhadap PDB meningkat mencapai 9,4% tertinggi diantara sub sektor pertanian. Selain itu banyak timbul masalah yang dapat menghambat perkembangan sektor peternakan, oleh karena itu diharapkan koperasi mampu menjadi wadah bagi peternak dalam mengatasi masalah yang timbul. Menjadi tugas koperasi untuk mensejahterakan anggotanya, dan Koperasi Serba Usaha Rukun Santoso harus menerapkan strategi yang tepat dengan melakukan perumusan strategi adalah kewajiban yang harus dilakukan koperasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Input Stage , Matching Stage , dan Decision Stage . Input Stage terdiri dari penentuan Matrik EFE dan Matrik IFE yang menjadi input utama dalam langkah selanjutnya. Matching Stage terdiri dari Matrik TOWS, Matrik Grand Strategy dan Matrik IE yang akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan. Dan pada Decision Stage , akan digunakan Matrik QSP untuk memilih strategi utama dari alternatif strategi yang telah dihasilkan. Dari analisis yang telah dilakukan, hasil Matrik EFE sebesar 2,49 menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kondisi rata-rata antara cukup dan siap dalam menghadapi peluang dan ancaman yang ada. Matrik IFE menghasilkan nilai 2,53 yang menunjukkan posisi internal perusahaan yang cukup kuat untuk meminimalisir kelemahan yang dimiliki. Dari berbagai analisis yang dilakukan didapatkan 3 alternatif strategi yang paling tepat dan paling mungkin dilakukan oleh KSU. Rukun Santoso adalah penetrasi pasar, penetrasi produk dan pengembangan pasar. Ketiga alternatif tersebut akan dianalisis menggunakan QSPM untuk menentukan strategi utama yang akan digunakan, dan diperoleh nilai terbesar yaitu 4,50 untuk strategi pengembangan pasar. Selain strategi secara umum, terdapat analisis khusus untuk koperasi yaitu DLA ( Development Ladder Assesment ) dan Grid Model yang digunakan untuk menentukan jatidiri dan posisi koperasi dalam hubungannya dengan pemerintah, persaingan, dan usaha umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/602/ 051104455
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2011 14:18
Last Modified: 29 Dec 2011 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105660
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item