Analisis Pengaruh Belanja Daerah, Investasi Swasta dan Angkatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2004-2009 (Studi Kasus Pada 5 Kota Jawa Timur).

Susatyo, Alif (2011) Analisis Pengaruh Belanja Daerah, Investasi Swasta dan Angkatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2004-2009 (Studi Kasus Pada 5 Kota Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan hal pokok yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu daerah dalam melakukan kegiatan perekonomian. Pertumbuhan ekonomi menjadi hal yang sangat penting, karena dari pertumbuhan ekonomi inilah, pembangunan ekonomi suatu daerah dapat terwujud. Untuk itulah, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di 5 kota Jawa Timur, yang terdiri dari belanja daerah(belanja langsung, belanja tidak langsung), investasi swasta dan angkatan kerja. Dengan menggunakan metode regresi panel data dengan uji signifikasi diharapkan untuk mengetahui pengaruh variabel penelitian tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi. hasil penelitian menunjukkan, bahwa belanja langsung dan investasi swasta mempunyai hubungan positif dan berpengaruh significant terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan belanja tidak langsung dan angkatan kerja mempunyai hubungan positif namun mempunyai pengaruh tidak significant terhadap pertumbuhan ekonomi di 5 kota Jawa Timur yang meliputi Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Blitar dan Kota Madiun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/600/ 051104348
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2011 08:56
Last Modified: 27 Sep 2022 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105658
[thumbnail of Alif_Susatyo.pdf] Text
Alif_Susatyo.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstraksi.pdf] Text
Abstraksi.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf] Text
Daftar_Isi.pdf

Download (715kB)

Actions (login required)

View Item View Item