An Analysis On The Accounting Treatment Of Environmental Cost As A Form Of Corporate Responsibility In Maintaining The Environment (Case Study At Kanjuruhan Kepanjen District Hospital)

Silalahi, ChiciliaYulianti (2011) An Analysis On The Accounting Treatment Of Environmental Cost As A Form Of Corporate Responsibility In Maintaining The Environment (Case Study At Kanjuruhan Kepanjen District Hospital). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan akuntansi lingkungan pada RSUD Kanjuruhan Kepanjen serta perlakuan akuntansi (pengakuan, pengukuran, dan pencatatan) biaya pelestarian lingkungan hidup dan memberikan solusi mengenai penyajian biaya pelestarian lingkungan hidup dalam laporan keuangan. Untuk mengkaji pengakuan, pengukuran serta pelaporan biaya sosial khususnya biaya pelestarian lingkungan hidup dalam laporan keuangan adalah dengan menganalisis perlakuan akuntansi terhadap biaya lingkungan dan mencari solusi dengan melihat laporan keuangan berdasarkan PSAK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah sakit telah melakukan aktivitas pelestarian lingkungan namun rumah sakit tidak mengungkapkan tanggung jawab sosialnya dan mengakui biaya sosial tersebut ke dalam biaya operasional yang tampak dalam laporan operasional, laporan realisasi anggaran, serta laporan arus kas. Hal ini menyebabkan aktivitas-aktivitas pelestarian lingkungan yang telah dilakukan tidak diketahui oleh pemakai informasi keuangan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan bahwa sebaiknya perusahaan mulai mempertimbangkan untuk melaporkan biaya sosial yang telah dikeluarkan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan kedalam format pelaporan yang khusus sebagai laporan tambahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/594/ 051104342
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2011 09:07
Last Modified: 10 Oct 2011 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105650
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item