Analisis Pengaruh Timbal Balik antara Pertumbuhan Kredit dengan PDRB (Studi Kasus pada Perekonomian kota Kediri periode tahun 2002-2010)

Iswanto, Hadi (2011) Analisis Pengaruh Timbal Balik antara Pertumbuhan Kredit dengan PDRB (Studi Kasus pada Perekonomian kota Kediri periode tahun 2002-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor moneter memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu wilayah. Pertumbuhan sektor moneter salah satu indikatornya ditandai dengan pertumbuhan kredit yang akan ditransmiskan dalam pertumbuhan investasi sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Pada penelitian ini akan membahas mengenai hubungan timbal balik antara pertumbuhan kredit dengan pertumbuhan PDRB di kota Kediri diluar sektor prngolahan industri rokok (studi kasus pada tahun 2002 – 2010). Pertumbuhan perekonomian kota Kediri selama ini ditopang oleh keberadaan industri rokok, hal ini berdampak pada ketergantungan perekonomian secara regional, disisi lain pertumbuhan kredit sektor perbankan banyak diserap pada sektor diluar industri rokok. Berdasarkan data empiris ini, penulis mencoba menganalisis sejauh mana pengaruh timbal balik pertumbuhan kredit dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui konsep Demand Following – Supply Leading . Alat analisis yang digunakan antara lain uji stasioner (untuk menguji data yang bersifat time series ) serta uji kointegrasi ECM Engle-Granger. Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan tampak bahwa pertumbuhan Kredit berpengaruh secara timbal balik terhadap pertumbuhan PDRB kota Kediri diluar sektor industri rokok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/586/ 051104291
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2011 11:03
Last Modified: 10 Oct 2011 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105642
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item