Analisis Penerapan Direct Marketing pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Palupi, Mirza (2011) Analisis Penerapan Direct Marketing pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan direct marketing yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: face-to-face selling , surat langsung, telemarketing , dan e-marketing pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang dalam rangka mempromosikan produknya. Untuk mengetahui hasil apa yang didapatkan dari kegiatan direct marketing yang dilakukan oleh Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana kegiatan direct marketing dengan melihat setiap variabel dalam direct marketing pada Taman Rekreai Sengkaling Malang. Penelitian ini menggunakan informan sebanyak 3 orang karyawan bagian marketing Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Pemilihan informan didasarkan pada pertimbangan tertentu yang disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman, ada tiga jenis kegiatan analisis (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) dan pengumpulan data sendiri merupakan proses siklus dan interaktif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa keempat komponen direct marketing dapat menunjang kegiatan promosi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Kegiatan face-to-face selling digunakan untuk mempromosikan Taman Rekreasi Sengkaling secara langsung kepada konsumen dan kegiatan ini memberikan hasil tingkat respon sebesar 43,8%. Kegiatan pengiriman surat langsung memberikan tingkat respon sebesar 10,5%. Tingkat respon pada kegiatan face-to-face selling dan surat langsung tersebut kurang dari target yang ditetapkan Taman Rekreasi Sengkaling yaitu sebesar 60%. Kegiatan telemarketing yang dilakukan hampir setiap hari dan kebanyakan dilakukan untuk mem follow up dari kegiatan face-to-face selling dan surat langsung. Terakhir, kegiatan E-marketing yang mencakup website , email , dan faks yang digunakan untuk menunjang kegiatan pemasaran yang lain dan dilakukan untuk promosi secara lebih luas melalui dunia maya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat kegiatan direct marketing pada Taman Rekreasi Sengkaling, yaitu face-to-face selling , surat langsung, telemarketing, e-marketing memberikan manfaat bagi Taman Rekreasi Sengkaling selain sebagai sarana untuk promosi tapi juga sebagai sarana untuk meraih respon segera dan membangun hubungan dengan pelanggan yang langgeng. Selain itu, keempat teknik direct marketing tersebut dapat berfungsi maksimal dengan saling mendukung antara satu elemen dengan elemen yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/585/ 051104290
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2011 11:10
Last Modified: 10 Oct 2011 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105641
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item