Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Hotel Kusuma Agrowisata)”.

Efendi, Yusuf (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Hotel Kusuma Agrowisata)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel pada Kualitas Pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang, di mana penentuan jumlah sampel didasarkan pada perhitungan dari Roscoe. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji hipotesis penelitian ini mengunakan analisis regresi linear berganda. Uji-F digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel X secara keseluruhan terhadap variabel Y. Uji-t digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel X secara parsial terhadap variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, dengan menggunakan Uji-F, variabel Bukti Fisik (X 1 ), Keandalan (X 2 ), Daya Tanggap (X 3 ), Jaminan (X 4 ), dan Empati (X 5 ) secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dari Hotel Kusuma Agrowisata (Y). Berdasarkan Uji-t hanya variabel Keandalan (X 2 ), Daya Tanggap (X 3 ), dan Jaminan (X 4 ) yang berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dari Hotel Kusuma Agrowisata (Y). Penelitian ini menghasilkan koefisien determinasi yang disesuaikan ( Adjusted R 2 ) sebesar 0,684. Hasil tersebut menunjukkan variasi Kepuasan Pelanggan dari Hotel Kusuma Agrowisata (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel Bukti Fisik (X 1 ), Keandalan (X 2 ), Daya Tanggap (X 3 ), Jaminan (X 4 ), dan Empati (X 5 ) dalam persamaan regresi sebesar 68,4%, sedangkan sisanya sebesar 31,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar persamaan model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/584/ 051104259
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2011 10:15
Last Modified: 06 Oct 2011 10:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105640
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item