Disparitas dan Konvergensi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Antar Wilayah Di Jawa Timur (Studi Kasus Terhadap 38 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur).

Hakim, ArdhianLukman (2011) Disparitas dan Konvergensi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Antar Wilayah Di Jawa Timur (Studi Kasus Terhadap 38 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat disparitas dan konvergensi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita antar Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2004 sampai dengan tahun 2008. (2) Untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi tingkat disparitas dan konvergensi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita antar Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2004 sampai dengan tahun 2008 . Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah penduduk yang bekerja, jumlah lulusan pada tingkat SLTA/SMA/SMK/ALIYAH Negeri dan Swasta, jumlah penduduk miskin, jumlah pengangguran, upah minimum regional dan jumlah industri besar dan sedang, berpengaruh signifikan terhadap disparitas, sedangkan jumlah penanaman modal asing, jumlah penanaman modal dalam negeri dan laju pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap disparitas PDRB per kapita. Faktor yang sangat berpengaruh adalah jumlah pengangguran. Faktor penentu konvergensi yang dianalisis dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil di mana penentu konvergensi yang signifikan secara statistik adalah, PDRB per kapita awal, jumlah lulusan pada tingkat SLTA/SMA/SMK/ALIYAH Negeri dan Swasta, upah minimum regional dan laju pertumbuhan ekonomi. Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja, jumlah penduduk miskin, jumlah pengangguran, jumlah penanaman modal asing, jumlah penanaman modal dalam negeri dan jumlah industri besar dan sedang tidak berpengaruh terhadap perkembangan PDRB per kapita serta upaya mencapai konvergensinya. Faktor yang berpengaruh adalah PDRB per kapita awal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/58/ 051100581
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Mar 2011 09:50
Last Modified: 22 Mar 2011 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105635
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item