Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Glow Management Artist Kota Jakarta

Bagus, FandiTri (2011) Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Glow Management Artist Kota Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Glow Management Artist merupakan salah satu perusahaan dalam bidang penjualan pelayanan jasa artis yang bekerja dalam bidang profit atau sifatnya mencari keuntungan di mana perusahaan ini hanya memfokuskan pada keuntungan atau menjaga agar konsumen tetap dipuaskan dengan pelayanan dari Glow Management Artist. Menyikapi kondisi tersebut, Glow Management Artist berupaya untuk mencari alternatif strategi yang tepat bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa artis pada Glow Management Artist dengan strategi relationship marketing yang digunakan untuk memuaskan para pelanggan dengan tujuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, karena pelanggan yang loyal merupakan asset terbesar bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Glow Management Artist kota Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel bebas understanding customer expectation (X1) , building service partnership (X2) , total quality management (X3 ), dan empowering employee’s (X4) terhadap variabel terikat yaitu customer loyalty (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini sebanyak 50 pelanggan pada Glow Management Artist kota Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan: Y = 0,401X 1 + 0,348X 2 + 0,221X3 + 0,127X4, dengan uji F nilai F hitung > F tabel (5,051 > 2,61) atau Sig F < 5% (0,002 < 0,05). Selanjutnya uji t untuk variabel understanding customer expectation menunjukkan t hitung > t tabel (3,106 > 2,0) atau sig t < 5% (0,03 < 0,05), variabel building service partnership menunjukkan t hitung > t tabel (2,713 > 2,0) atau sig t < 5% (0,009<0,05), variabel total quality management menunjukkan t hitung > t tabel (1,634 < 2,0) atau sig t < 5% (0,109<0,05), serta variabel empowering employee’s menunjukkan t hitung > t tabel (1,005 < 2,0) atau sig t < 5% (0,320>0,05). Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara semua variabel di dalam relationship marketing inputs secara simultan terhadap variabel costumer loyalty . Selanjutnya variabel understanding costumer expectation dan building service partnership terbukti berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel costumer loyalty pada Glow Management Artist kota Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/570/ 051104134
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2012 15:26
Last Modified: 11 Jan 2012 15:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105625
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item