Analisis Deskriptif KetimpanganPendapatan dan Strategi Pembangunan Ekonomi di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2005-2009.

Nangarumba, Muara (2011) Analisis Deskriptif KetimpanganPendapatan dan Strategi Pembangunan Ekonomi di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2005-2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ketimpangan pembangunan yang terjadi di Provinsi Jawa Timur, (2) mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, (3) mendiskripsikan prioritas pembangunan ekonomi Provinsi Jawa Timur Tahun 2011. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh melalui dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat ketimpangan provinsi jawa timur masih tergolong sangat tinggi, baik menggunakan indeks williamson maupun indeks entrophi theil, hasil indeks entropi theil pada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur memberikan deskrpsi bahwa tingkat ketimpangan terbesar terletak pada wilayah Kota Kediri dan tingkat ketimpangan terkecil terletak pada wilayah Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan analisis tipologi daerah dengan indikator pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita, Kota Malang dan Kabupaten Gresik konsisten selama tahun 2005-2009 berada pada kuadran I, hal ini menandakan kedua wilayah tersebut memiliki tingkat kesejahteraan yang baik dibandingkan wilayah-wilayah lainnya. Sedangkan Kota Kediri selama tahun 2005-2009 konsisten menduduki kuadran II sebagai wilayah dengan pendapatan per kapita yang tinggi namun pertumbuhan ekonominya rendah, daerah kuadran III telah mendapat perbaikan dari pertumbuhan ekonominya walaupun belum berdampak pada pendapatan perkapitanya, sedangkan pada daerah kuadran I, Struktur ekonomi yang masih didominasi oleh sektor-sektor primer (pertanian) cenderung membuat daerahdaerah di kuadran tersebut sangat sulit untuk beranjak ke arah yang lebih baik. Selain mendeskripsikan ketimpangan pendapatan, penelitian ini mengkaji pula mengenai analisis potensial kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, analisis ini bertujuan memberikan gambaran akan potensi yang dimiliki pada wilayahwilayah tersebut. Penelitian ini dikaitkan pula dengan prioritas pembangunan daerah yang terdapat pada RKPD 2011 Provinsi Jawa Timur. Hasilnya, ternyata Kebijakan dan program yang telah dijakankan dan akan direncanakan untuk lima tahun mendatang sudah sesuai dengan visi, misi, dan tema dari RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2011, yaitu “ Pemerataan Pembangunan dan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang Di Dukung Pemantapan Tata Kelola Kepemerintahan dalam rangka Mewujudkan Kemakmuran yang Lebih Baik.” Dari hasil penelitian ini selanjutnya diharapkan mampu meberikan refrensi tehadap perencanaan pembangunan khususnya di Provinsi Jawa Timur maupun Negara Indonesia dan diharapkan mampu menciptakan kesejahteraan yang bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/567/ 051104131
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2011 15:00
Last Modified: 29 Sep 2011 15:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105621
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item