Potret Biaya Coporate Social Responsibility Ditinjau dari Regulasi Perpajakan Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010).

Charolina, Tita (2011) Potret Biaya Coporate Social Responsibility Ditinjau dari Regulasi Perpajakan Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang implementasi Coporate Social Responsibility setelah keluarnya Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas ditinjau menurut regulasi perpajakan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2007-2010. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan sampel sebanyak empat perusahaan dan memakai data sekunder yang berupa teori, definisi dan substansinya dari berbagai literatur, dan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan pada umumnya melaksanakan tanggung jawab sosial mereka dengan program pembangunan yang berkelanjutan baik dalam kalangan internal maupun eksternal. Untuk kalangan internal, program yang umum diungkapkan adalah pelatihan dan pendidikan bagi tenaga kerja sedangkan untuk kalangan eksternal program yang umum diungkapkan yaitu pembangunan masyarakat yang berupa beasiswa pendidikan, pembangunan insfrastruktur sosial, pelatihan lokakarya bagi masyarakat sekitar, pengolahan limbah industri dan perbaikan lingkungan. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan kewajiban tanggung jawab sosial mereka dipengaruhi oleh ukuran dan kematangan perusahaan serta regulasi dan sistem perpajakan yang diatur oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/566/ 051104130
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2011 15:35
Last Modified: 07 Oct 2011 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105620
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item