Analisis Produksi Susu Pada Peternak Sapi Perah Anggota Koperasi SAE Pujon (Studi kasus Pada Koperasi SAE Pujon Di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang)

Anindito, Sujiwo (2011) Analisis Produksi Susu Pada Peternak Sapi Perah Anggota Koperasi SAE Pujon (Studi kasus Pada Koperasi SAE Pujon Di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diantara berbagai komoditi peternakan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah susu, karena walaupun produksi susu dalam negeri mengalami peningkatan yang sangat pesat, akan tetapi sampai saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada tahun 2008, sebanyak 2,4 juta ton susu diimpor dari luar negeri. Koperasi merupakan salah satu wadah yang didirikan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi lemah. Di Indonesia 90 persen peternak sapi perah merupakan peternak rakyat yang tergabung dalam koperasi. Oleh karena itu, perkembangan agribisnis persusuan memiliki kaitan erat dengan koperasi. Koperasi SAE Pujon merupakan salah satu koperasi di Kabupaten Malang yang memiliki jumlah anggota cukup besar. Jumlah anggota Koperasi SAE Pujon sekitar 8306 peternak yang aktif menyetorkan susu setiap harinya. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Koperasi SAE Pujon di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Pemilihan Kecamatan Pujon sebagai daerah penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa masyarakat di daerah tersebut mayoritas bermata pencaharian beternak sapi perah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi susu peternak sapi perah, dan mengetahui faktor manakah yang paling mempengaruhi produksi susu peternak sapi perah anggota Koperasi SAE Pujon. Penentuan sampel berdasarkan "the rule of thumb" sebanyak 50 responden dengan teknik pengambilan sampel random sampling . Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode survei melalui wawancara langsung terhadap responden dengan kuisioner sebagai alat penguml data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi susu sapi perah pada peternak anggota Koperasi SAE Pujon di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang dapat dijelaskan dengan baik oleh variabel modal, tenaga kerja, tingkat pendidikan,dan pengalaman beternak. Dari hasil analisis data dan berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari keempat variabel bebas yang telah disebut diatas, hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan yaitu variabel modal dan tenaga kerja. Sedangkan dua variabel lainnya yaitu variabel tingkat pendidikan dan pengalaman beternak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabelm produksi susu. Sedangkan variabel yang paling mempengaruhi secara signifikan terhadap produksi susu adalah variabel modal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/565/ 051104129
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2011 15:26
Last Modified: 07 Oct 2011 15:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105619
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item