Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pemilik Usaha Kecil Menengah Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Malang)

Cahyono, GatutWahyuTri (2011) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pemilik Usaha Kecil Menengah Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilik Usaha kecil dan menengah memiliki keterbatasan dalam memenuhi kepatuhan kewajiban perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pemilik usaha kecil menengah dalam kewajiban perpajakan, dengan studi kasus pada sentra industri kripik tempe sanan Malang. Eksplorasi terhadap faktor-faktor dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini faktorfaktor telah ditentukan dengan 6 variabel bebas dan 1 variabel terikat, antara lain: pengetahuan, pemahaman, kepercayaan, kesadaran, pelayanan, penyuluhan, dan kepatuhan sebagai variabel terikat. Hasil pengujian data penelitian menunjukkan hubungan korelasi yang positif antara masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat. Dari hubungan itu maka bisa disimpulkan bahwa kepatuhan kewajiban perpajakan akan meningkat jika faktor-faktor yang mempengaruhinya juga meningkat. Maka dari itu perlu ada perhatian khusus dalam pembinaan perpajakan untuk usaha kecil menengah sehingga program ekstensifikasi dan intensifikasi pajak bisa optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/558/ 051103968
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2011 12:02
Last Modified: 22 Sep 2011 12:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105611
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item