Analisis Karakteristik Debitur Kredit UMKM Sebagai Upaya Mengurangi Resiko Munculnya Kredit Macet (Studi Kasus pada PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri).

Pambudi, RizkaNikoWisdaAji (2011) Analisis Karakteristik Debitur Kredit UMKM Sebagai Upaya Mengurangi Resiko Munculnya Kredit Macet (Studi Kasus pada PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh karakteristik individu debitur yang terdiri dari gender, tingkat pendidikan, status nasabah, dan jumlah tanggungan, karakteristik usaha yang terdiri dari lama usaha, omzet, dan laba, serta karakteristik kredit yang terdiri dari jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan jaminan terhadap tingkat pengembalian angsuran kredit UMKM dan (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan antara debitur kredit UMKM yang angsuran kreditnya lancar dan bermasalah dilihat dari variabel-variabel yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis data berupa regresi logistik. Data yang diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai jenis laporan dan data terkait debitur UMKM. Dengan menggunakan taraf nyata sepuluh persen (α=10%), hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel tingkat pendidikan, status nasabah, jumlah tanggungan keluarga, lama usaha, jangka waktu pinjaman, dan laba usaha berpengaruh signifikan terhadap probabilitas angsuran lancar kredit UMKM di PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk variabel gender, jumlah pinjaman, omzet, dan jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap probabilitas angsuran kredit lancar. Variabel status nasabah berpengaruh negatif terhadap kelancaran pengembalian kredit UMKM yang menandakan bahwa nasabah lama justru cenderung memunculkan kredit bermasalah. Variabel jumlah tanggungan juga berpengaruh negatif terhadap kelancaran pengembalian kredit yang menandakan bahwa semakin banyak jumlah tanggungan keluarga debitur maka peluang mengembalikan kredit dengan lancar semakin kecil. Penyaluran kredit UMKM dapat difokuskan terhadap debitur dengan karakteristik tingkat pendidikan yang tinggi, jumlah tanggungan yang semakin sedikit, UMKM yang telah berdiri lama (lama usaha), laba yang tinggi, dan jangka waktu yang panjang. Sedangkan untuk status nasabah, perlakuan analisis nasabah lama harus tetap dilakukan seperti yang dilakukan kepada caon nasabah baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/549/ 051103959
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2011 15:33
Last Modified: 26 Sep 2011 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105601
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item