A Performance Analysis of Environmental Management System Application based on ISO 14001 [Case Study in PT Semen Gresik (Persero) Tbk.]

Ahimsa, OlgaAkbar (2011) A Performance Analysis of Environmental Management System Application based on ISO 14001 [Case Study in PT Semen Gresik (Persero) Tbk.]. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis performa dari penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) berbasis ISO 14001. Dalam mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan telaah literatur dan Studi lapangan. Peneliti menggunakan jenis data kualitatif dan sumber data sekunder dan data primer. Penggunaan data kualitatif ini dikarenakan seluruh data yang diperoleh berbentuk data-data yang tidak berbentuk angka. Selain itu sumber data dalam penelitian ini berasal dari buku-buku, penelitian sebelumnya, data perusahaan Semen Gresik, serta jurnal maupun artikel yang mendukung. Dalam penelitian ini dijabarkan mengenai analisis performa dari Environment Management System ISO 14001 . Adanya tuntutan untuk perubahan corporate governance ke arah yang lebih baik merupakan salah satu alasan munculnya sustainability accounting . Sustainability accounting dapat membantu perusahaan dalam memenuhi hak-hak stakeholder untuk mendapatkan informasi yang benar. Dengan diterapkannya Environment Management System ISO 14001 masyarakat dan pemangku kepentingan lainya, termasuk investor, untuk melihat bagaimana perusahaan mengelola dampak bisnis terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, akuntansi keberlanjutan juga membantu perusahaan untuk lebih transparan dalam kegiatan perusahaan. Dengan demikian perusahaan dapat keseimbangan antara kekuatan perusahaan dengan tanggung jawab korporasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/548/ 051103958
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2011 15:41
Last Modified: 22 Sep 2011 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105600
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item