Analisis Pengaruh Nilai Tambah Subsektor Perkebunan Pada Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pasuruan”.

Pratama, ElianDitya (2011) Analisis Pengaruh Nilai Tambah Subsektor Perkebunan Pada Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pasuruan”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subsektor-subsektor dalam sektor Pertanian yaitu antara lain : Subsektor Tanaman Bahan Makanan, Subsektor Perkebunan, Subsektor Peternakan, Subsektor Kehutanan dan Subsektor Perikanan, khususnya pengaruh nilai tambah pada subsektor Perkebunan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Pasuruan pada tahun 2002-2011. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linaer berganda. Hasil perhitungan dari regresi linear berganda membuktikan bahwa secara parsial dan simultan, nilai tambah semua subsektor dalam sektor Pertanian berpengaruh terhadap PDRB Kabupaten Pasuruan. Subsektor Tanaman Bahan Makanan memiliki pengaruh yang paling kuat, diikuti dengan Subsektor Perkebunan dan Subsektor Kehutanan. Sedangkan subsektor Peternakan dan Perikanan mempengaruhi PDRB Kabupaten Pasuruan juga namun tidak sebesar ketiga subsektor lainnya yang tergolong dalam Sektor Pertanian. Pengaruh subsektor Perkebunan menduduki posisi kedua karena semakin berkurangnya lahan produktif untuk lahan perkebunan. Alih guna lahan yang marak terjadi, memperkuat sektor bangunan dan mengurangi laju pertumbuhan sektor pertanian. Oleh karena itu, dalam RPJMD 2008-2013 dirumuskan strategi dan sasaran yang salah satunya adalah meningkatkan share sektor pertanian khususnya subsektor perkebunan yang merupakan tugas dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan. Dan selama 10 tahun penelitian, data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil produksi perkebunan meskipun lahan produktif untuk perkebunan sempat berkurang. Stategi Intensivikasi dan diversifikasi pada subsektor Perkebunan telah menunjukkan hasilnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/547/ 051103957
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2011 15:33
Last Modified: 22 Sep 2011 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105599
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item