Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Makanan Khas di Madiun (Studi kasus sentra industri brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun).

Nugroho, OkiSasmito (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Makanan Khas di Madiun (Studi kasus sentra industri brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh variabel modal, tenaga kerja, teknologi, dan inovasi terhadap produksi industri kecil brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, dan (2) mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap produksi brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penelitian penjelasan). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh melalui kuesioner, wawancara, studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari variabel modal, tenaga kerja, teknologi dan inovasi bersama-sama mempengaruhi produksi industri brem Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Variabel yang signifikan dalam mempengaruhi produksi adalah modal dan tenaga kerja karena modal dan tenaga kerja sebagai faktor menentukan sedikit atau banyaknya hasil produksi pada industri brem, sedangkan variabel yang tidak signifikan adalah teknologi dan inovasi karena disini teknologi dan inovasi bukan faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya hasil produksi yang diperoleh dan hanya sebagai alat pelengkap atau fasilitas dalam proses produksi, seberapapun kapasitas mesin dan rasa tidak akan mempengaruhi hasil dari proses produksi brem. Variabel yang paling dominan adalah modal, karena modal sangat penting dalam industri brem untuk pembelian bahan baku, dan banyak atau sedikitnya hasil yang akan diperoleh hanya ditentukan oleh modal sebagai pembeli bahan baku, jika modal yang digunakan besar maka hasilnya juga akan besar begitu juga sebaliknya jika modal yang digunkan sedikit maka hasilnya juga sedikit, jadi faktor penentu produksi yang paling dominan adalah modal. Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar informasi dan pertimbangan kebijakan pihak-pihak yang berkaitan untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan sentra industri brem Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan yang dapat memberikan peningkatan pendapatan dengan kenaikan produksi serta dapat meningkatkan pendapatan Kabupaten Madiun dan juga dapat memajukan potensi pariwisata industri sentra pada industri brem Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabipaten Madiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/544/ 051103954
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2011 14:59
Last Modified: 22 Sep 2011 14:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105596
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item