Kajian Pemberdayaan Ekonomi Oleh Pengelola dan Masyarakat Sekitar Pada Obyek Wisata Ziarah” (Studi Kasus Pada Kompleks Makam Bung Karno Kota di Blitar)

Ariwibowo, Deddy (2011) Kajian Pemberdayaan Ekonomi Oleh Pengelola dan Masyarakat Sekitar Pada Obyek Wisata Ziarah” (Studi Kasus Pada Kompleks Makam Bung Karno Kota di Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan yang dilakukan oleh pengelola kepada masyarakat sekitar Wisata Ziarah Makam Bung Karno dan untuk mengetahui masyarakat bertindak dalam merespon keberadaan Wisata Ziarah Makam Bung Karno dalam kegiatan ekonomi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran pengelola terhadap pemberdayaan masyarakat Makam Bung Karno telah memberikan lokasi perdagangan wisata untuk sarana membuka peluang usaha masyarakat lokal serta pengelola memberikan pembentukan paguyuban berbasisi masyarakat yang bernama HIPEMAB dan mengadakan sosialisasi atau pelatihan sebagai sarana pendekatan kepada masyarakat. Pemberdayaan diri oleh masyarakat di Wisata Ziarah Makam Bung Karno di rasakan masyarakat sekitar dengan adanya Wisata Ziarah dapat menangkap peluang usaha baru bagi masyarakat dan juga masyarakat juga membentuk suatu paguyuban berbasis kelompok pedagang yang diberi nama PPMBK (Paguyuban Pedagang Makam Bung Karno) dan juga memanfaatkan modal kepercayaan untuk mempermudah usaha masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini pengelola secara konsepsional telah di realisasikan secara baik namun masih sedikit harus diperbaiki sistemnya seperti pengoptimalan paguyuban yang dinilai masyarakat sekarang kurang berperan lagi kepada masyarakat khususnya para pedagang. Untuk masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat lokal diharapkan membawa masyarakat dalam mengurangi disparitas atau kesenjangan sosial antara si kaya dan miskin karena pengaruh tingkat kesejahteraan yang tidak sama, dan memberikan multi player effect yang begitu besar kepada masyarakat. Selain itu masyarakat secara mandiri membentuk suatu pelatihan usaha secara mandiri yang bertujuan untuk mengebangkan usahanya, dengan pelatihan yang dilakukan oleh para pionir atau orang yang berkompeten dalam usaha yang telah di jalankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/542/ 051103952
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2011 12:32
Last Modified: 22 Sep 2011 12:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105594
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item