Analisis Sistem Pengendalian Internal Dalam Pembiayaan Mudharabah Pada Baitul Maal Wat-Tamwil Perdana Surya Utama (BMT PSU) Malang

Masriroh, AnikKhotul (2011) Analisis Sistem Pengendalian Internal Dalam Pembiayaan Mudharabah Pada Baitul Maal Wat-Tamwil Perdana Surya Utama (BMT PSU) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian internal dalam pembiayaan mudharabah di BMT Perdana Surya Utama (PSU) Malang. Sebagai lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syariah dalam setiap operasi bisnisnya, penerapan sistem pengendalian internal merupakan hal yang sangat penting karena penerapan sistem pengendalian internal yang baik juga merupakan salah satu bentuk pengamalan prinsip syariah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. maka penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan, mendeskripsikan atau melukiskan suatu keadaan, gejala atau kelompok tertentu secara terperinci. Dalam hal ini penelitian dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan sistem pengendalian internal dari pembiayaan mudharabah. Sedangkan penelitian studi kasus, dalam hal ini ditujukan pada BMT Perdana Surya Utama (PSU) Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum sistem pengendalian internal dalam pembiayaan mudharabah yang diterapkan BMT Perdana Surya Utama Malang telah dilakukan dengan baik. Hal ini diwujudkan dengan adanya struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, dilaksanakannya praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, adanya sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap harta perusahaan, serta kualitas kinerja karyawan yang sesuai dengan tanggung jawabnya. Selain itu BMT PSU juga memiliki keunggulan yang diterapkannya bagi nasabah pembiayaan yaitu keharusan adanya personal garansi. Namun demikian masih terdapat beberapa kelemahan yaitu: 1) jangka waktu pelaksanaan sidak yang terlampau lama 2) pengambilan cuti yang bukan merupakan suatu keharusan 3) perputaran jabatan tidak dilakukan secara rutin 4) belum dilakukan pengawasan aktif terhadap nasabah pembiayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/52/051100575
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 23 May 2011 09:34
Last Modified: 23 May 2011 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105570
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item