Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Internal (Studi Pada Pt.Otsuka Indonesia)

Devi, Zahra Revina (2018) Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Internal (Studi Pada Pt.Otsuka Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem akuntansi adalah sistem yang memproses data seperti formulir dan catatan dapat menghasilkan informasi sebagai kepentingan pengambilan keputusan untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. Sistem akuntansi terutama sistem pembelian dan pengeluaran kas sangat berperan penting untuk keberlangsungan produksi. Sistem memerlukan pengendalian internal yaitu suatu cara untuk menjamin keamanan perusahaan seperti aktiva yang dimiliki perusahaan serta informasi akuntansi untuk menghindari terjadinya kolusi dan penyalahgunaan harta kekayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sistem akuntansi pembelian bahan baku dan pengeluaran kas pada PT. Otsuka Indonesia telah diterapkan dengan baik atau belum dan menjelaskan penerapan sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas yang terdapat pada PT. Otsuka Indonesia telah didukung dengan pengendalian internal yang telah memadai atau belum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang berasal dari PT.Otsuka Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, PT.Otsuka Indonesia menerapkan sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas sudah cukup baik namun masih memiliki kelemahan-kelemahan seperti perangkapan fungsi pada Production Planning and Inventory Control, fungsi Warehouse masih melakukan tugas yang bukan tanggung jawabnya, dan pengiriman dokumen surat jalan ke bagian utang usaha yang seharusnya tidak diperlukan. Kelemahan lainnya pada pengendalian internal yaitu otorisasi dilakukan pada fungsi Production Planning and Inventory Control yang masih merangkap tanggung jawab, belum ada pemisahan tugas pada fungsi Inventory Control, supervisi pada inspeksi aktiva masih membuat laporan penerimaan saat kedatangan persediaan di warehouse, dan verifikasi masih mengirimkan surat jalan tanpa mengirimkan permintaan pembelian pada bagian utang usaha. Perusahaan sebaiknya melakukan pengembangan sistem yang disarankan untuk mendukung pengendalian internal seperti memisahkan perangkapan fungsi, fungsi melakukan sesuai tanggung jawabnya, dan mengirimkan dokumen yang dibutuhkan saja, supaya tidak terjadi risiko kolusi ataupun penyalahgunaan harta kekayaan perusahaan.

English Abstract

An accounting system is a system that processes data such as making and information that can generate information as a result of decisions, controls, and business business. The accounting system, especially the payment and delivery system, is very important for the sustainability of production. Internal control system: ways to guarantee companies and other companies for information. The objective of research is to explain the purchasing system of raw materials and flow at PT. Otsuka Indonesia has implemented well or not and explained about raw material and flowing system that exist in PT. Otsuka Indonesia has been supported with adequate internal control or not. This type of research is descriptive research. Data which is primary and secondary data from PT.Otsuka Indonesia. Based on the results of the research, PT.Otsuka Indonesia issued a raw material purchase and flowing system is good enough but still has the disadvantages such as functional capture on Production Planning and Inventory Control, Warehouse function still performs tasks that are not responsible, unpaid business debt. Another disadvantage to internal control is that authorization is performed on the Production Planning and Inventory Control functions that are still concurrently responsible, there are not yet any functions on Inventory Control, supervision at the time of the data warehouse inspection, and mail letters are still required without sharing the purchase request on the accounts payable. These companies undertake the development of appropriate systems to support internal controls, responsible functions, and the necessary expenditure of documents, not applicable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/215/051803658
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi, Pembelian Bahan Baku, Pengeluaran Kas, Pengendalian Internal
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.066 Corporations (Companies) > 346.066 4 Management > 346.066 48 Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 May 2018 07:53
Last Modified: 26 Oct 2021 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10557
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item