Audit operasional sebagai dasar untuk melilai efektivitas dan efesiensi pada fungsi pemasaran : studi kasus pada PR. UD. Putra Bintang Timur.

Putra, GitaPratama (2011) Audit operasional sebagai dasar untuk melilai efektivitas dan efesiensi pada fungsi pemasaran : studi kasus pada PR. UD. Putra Bintang Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Audit operasional merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut. Audit operasional yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran PR.UD. PUTRA BINTANG TIMUR Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefisiensi dan inefektivitas dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan saran atau rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuisioner. Penilaian efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemasaran secara keseluruhan sudah berjalan dengan efisien namun belum sepenuhnya efektif. Aktivitas pemasaran yang belum dilaksanakan secara efektif yaitu fungsi organisasi pemasaran. Dalam struktur organisasi, bagian pemasaran masih bergabung menjadi satu divisi dengan bagian penjualan sehingga kegiatan operasional pemasaran kurang dapat berjalan secara maksimal. Berdasarkan temuan kelemahan-kelemahan ini, kemudian diajukan beberapa saran yang dapat digunakan sebagai masukan bagi perusahaan dalam memperbaiki dan mengembangkan fungsi pemasaran dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/515/ 051103925
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Sep 2011 10:39
Last Modified: 09 Mar 2022 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105565
[thumbnail of 051103925.pdf]
Preview
Text
051103925.pdf

Download (229kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item