Keterkaitan antara Aglomerasi Industri, Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan Kawasan Gerbangkertasusila tahun 2000 - 2010.

SwantoroSatrio, Sandy (2011) Keterkaitan antara Aglomerasi Industri, Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan Kawasan Gerbangkertasusila tahun 2000 - 2010. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan sektor industri setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya pengaruh terhadap perekonomian yang telah menggeser sektor pertanian. Besarnya sumbangan sektor industri terhadap perekonomian membuat sektor ini dianggap sangat vital. Salah satu faktor yang menyebabkan perkembangan sektor industri adalah dengan munculnya aglomerasi industri yang terbentuk dalam suatu kawasan. Salah satu kawasan yang mempunyai aglomerasi industri adalah kawasan Gerbangkertasusila. Berdasarkan hal terseebut maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh aglomerasi industri terhadap pertumbuhan ekonomi (2) Mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskian (3) Mengetahui pengaruh aglomerasi industri terhadap kemiskinan. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis data Two-Stage Least Square dan melalui berbagai uji signifikansi. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aglomerasi industri berpengaruh siginifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Selain itu dapat diketahui pula bahwa pertumbuhan ekonomi tidak dapat menurunkan tingkat kemiskinan sementara aglomerasi industri memiliki hubungan yang signifikan terhadap penurunan tingkat kemiskinan. Hasil lain yang didapatkan adalah indeks pembangunan manusia memiliki hubungan yang signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/5129/ 051105129
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2012 09:51
Last Modified: 11 Jan 2012 09:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105562
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item