Karena Seagama: Inefektivitas Kampanye Negatif Pasangan Anies-Sandi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua (Studi Kasus Di Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan dan Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara)

Irawan, Hyram Daiva (2018) Karena Seagama: Inefektivitas Kampanye Negatif Pasangan Anies-Sandi Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua (Studi Kasus Di Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan dan Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua, kampanye negatif marak diberitakan karena keberadaannya yang kerap mewarnai persaingan antara 2 pasangan calon. Tentu saja pasangan Anies-Sandi sebagai kandidat terpilih memiliki strategi dalam menggunakan kampanye negatif, terlepas dari efektivitas hal tersebut nantinya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi kampanye negatif yang digunakan oleh pasangan Anies-Sandi dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua adalah Strategi Bujukan (Inducement Strategy) dengan mengangkat isu penggusuran dan reklamasi. Ditinjau dari segi bentuk, kampanye negatif yang digunakan oleh pasangan Anies-Sandi merupakan Kampanye Negatif yang Adil (Fair Negative Campaign). Namun strategi tersebut tidak efektif dalam meningkatkan dukungan dari pemilih, alasan pemilih memilih pasangan Anies-Sandi adalah karena seagama. Hal tersebut pun menjadikan temuan penelitian ini berbeda dengan 4 (empat) hasil penelitian sebelumnya dalam perdebatan tentang efek kampanye negatif dalam Pemilu.

English Abstract

In the second round of DKI Jakarta Gubernatorial Election 2017,the negative campaigns are widespread because of their presence which often colored the competition between the two pairs of the candidate, Surely Anies-Sandi as the elected candidates have a strategy of using the negative campaigns, regardless of its effectiveness afterward. The approach of this research is qualitative by using the case study method. The result of this research is that the negative campaign strategy which is used by Anies-Sandi in the second round of DKI Jakarta Gubernatorial Election 2017 is The Inducement Strategy by raising the issues of evictions and reclamation. In terms of shape, the negative campaign used by Anies-Sandi is a Fair Negative Campaign. However, the strategy is not effective increasing the voters’ support. The reason of the voters choose Anies-Sandi is because of they are in one religion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/153/051802801
Uncontrolled Keywords: Kampanye Negatif, Inefektivitas,Pasangan Anies-Sandi, Seagama, Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.7 Conduct of election campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 May 2018 07:49
Last Modified: 18 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10556
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item