Analisis Pengaruh Variabel Price Perception, User Dan Usage Image, Brand Personality, Dan Brand Feelings Terhadap Brand Preference Konsumen Produk Quickly di Mall CITO Surabaya

Bestier, DwiAyu (2011) Analisis Pengaruh Variabel Price Perception, User Dan Usage Image, Brand Personality, Dan Brand Feelings Terhadap Brand Preference Konsumen Produk Quickly di Mall CITO Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan di dalam dunia usaha atau bisnis sangat ketat. Hal itu mendorong terciptanya berbagai macam jenis usaha pada berbagai bidang usaha. Salah satu jenis usaha yang digemari sekarang ini adalah usaha dengan sistem franchise atau waralaba. Sistem franchise adalah cara pemasaran atau distribusi barang dan jasa sebuah perusahaan induk (franchisor) memberikan kepada individu atau perusahaan lain (franchisee) hak istimewa untuk melakukan suatu sistem usaha tertentu, dengan cara tertentu, waktu tertentu dan di suatu tempat tertentu. Salah satu contoh persaingan usaha yang ketat yaitu persaingan usaha pada bisnis produk minuman dengan menggunakan sistem franchise . Produk minuman sekarang ini bukan hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan, tetapi lebih merupakan identifikasi diri bagi konsumen. Kondisi ini dimanfaatkan oleh ratusan bahkan ribuan perusahaan franchise minuman di dunia untuk menawarkan berbagai macam produk minuman yang berkualitas dan bercita rasa tinggi agar konsumen mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri secara umum dan menunjukkan image atau citra diri dari konsumen itu sendiri secara khusus di mata masyarakat. Salah satu franchise minuman yang terkenal di Indonesia dan telah mendunia yaitu Quickly. Quickly berasal dari Taiwan dan merupakan franchise yang bergerak di bidang Food and Beverages , tetapi di Indonesia yang dipasarkan hanya beverages atau minumannya saja. Sejak tahun 1981, Nancy Yang telah melakukan market research di berbagai belahan dunia, dan Nancy menemukan peluang bisnis dari konsep take away drinks atau minuman yang bisa dibawa pulang. Sejak dahulu, Quickly telah memberikan sesuatu inovasi baru pada minumannya dengan menambahkan mutiara atau sagu kenyal dan lembut yang mempunyai cita rasa yang khas. Minuman Quickly juga telah menambah dimensi baru untuk minuman yaitu dengan penggunaan bahan baku serta rasa yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 2000 gerai atau outlet Quickly yang telah tersebar di dunia seperti di Taiwan, Malaysia, Thailand, Korea, Philippines, Indonesia, Australia, Spain, Canada, Japan, China, dan U.S.A. Selain itu, Quickly sudah menawarkan lebih dari 50 rasa atau minuman: 7 rasa Ice Blended, Shake 8 rasa Buah, 2 rasa Susu Teh, 4 rasa Puding, 8 rasa Yoghurt, 8 rasa Rumput Laut Es dan banyak lagi. Kesuksesan Quickly sebagai salah satu merek minuman yang telah mendunia tidak lain dikarenakan brand yang melekat pada produknya. Salah satu asosiasi merek yang melekat pada sebuah brand adalah non-related product brand association , dimana asosiasi yang melekat tidak berhubungan langsung dengan produk namun pada hal-hal lain diluar produk, seperti price perception , user dan usage image , brand personality , dan brand feelings. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh price perception , user dan usage image , brand personality , dan brand feelings secara simultan terhadap brand preference konsumen produk Quickly Mall CITO Surabaya, (2) Mengetahui pengaruh price perception , user dan usage image , brand personality , dan brand feelings secara parsial terhadap brand preference konsumen produk Quickly Mall CITO Surabaya, dan (3) Mengetahui variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi brand preference konsumen produk Quickly Mall CITO Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian survei dibatasi pada penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atau populasi untuk mewakili seluruh populasi. Jenis penelitian survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research), yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan klausal antara variabel-variabel yang saling terkait melalui pengujian hipotesa. Pada penelitian ini, uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji realibilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dan keempat variabel independen dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah keempat variabel yang diteliti yaitu price perception , user dan usage image , brand personality , dan brand feelings memiliki pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap brand preference konsumen produk Quickly Mall CITO Surabaya. Variabel user dan usage image dan brand feelings memiliki pengaruh secara parsial yang signifikan terhadap brand preference konsumen produk Quickly Mall CITO Surabaya. Sedangkan variabel brand feelings merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhada

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/506/ 051103916
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Oct 2011 11:28
Last Modified: 10 Oct 2011 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105554
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item