Analisis Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran dan Kemiskinan (Studi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Timur)

Kusumajadi, Mariyam (2011) Analisis Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran dan Kemiskinan (Studi pada Kabupaten dan Kota di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan daerah yang terdiri dari pertumbuhan PAD, keserasian alokasi dana, kemandirian, efektivitas dan efisiensi kinerja keuangan terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi yang kemudian akan dilihat pengaruhnya terhadap tingkat pengangguran dan kemiskinan. Penelitian ini dilakukan pada29 Kabupaten dan 9 Kota di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi APBD dan data keuangan lainnya terkait dengan tingkat pengangguran dan kemiskinan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkan uji statistik terhadap kinerja keuangan daerah, ditemukan bahwa empat dari lima variabel ini yaitu pertumbuhan PAD, keserasian alokasi dana, kemandirian, dan efektivitas kinerja keuangan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. (2) Dari hasil uji pertumbuhan ekonomi, ditemukan bahwa variabel ini berpengaruh positif terhadap tingkat pengangguran. (3) Dari hasil uji pertumbuhan ekonomi, ditemukan bahwa variabel ini berpengaruh negatif terhadap kemiskinan. (4) Dari hasil uji analisis jalur ditemukan bahwa pertumbuhan PAD, keserasian alokasi dana, kemandirian dan efektivitas kinerja keuangan berpengaruh terhadap pengangguran dan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/504/ 051103914
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Oct 2011 11:23
Last Modified: 04 Oct 2011 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105552
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item