Pengaruh Sumber Daya Manusia, Motivasi, Pelatihan, Peraturan, dan Sarana Pendukung terhadap Ketepatan Waktu Penyusunan Laporan Keuangan SKPD di Pemerintah Kota Malang

Mahardika, NurFakhruri (2011) Pengaruh Sumber Daya Manusia, Motivasi, Pelatihan, Peraturan, dan Sarana Pendukung terhadap Ketepatan Waktu Penyusunan Laporan Keuangan SKPD di Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah SDM, motivasi, pelatihan, peraturan, dan sarana pendukung berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan SKPD. Dalam mengelola keuangan daerahnya, setiap pemerintah daerah yang ada di Indonesia wajib menyusun laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Laporan keuangan ini harus diserahkan kepada BPK secara tepat waktu. Namun kenyataannya, masih banyak pemerintah daerah yang terlambat untuk menyerahkannya. Hal itu salah satunya disebabkan oleh SKPD yang dimiliki pemerintah daerah tersebut juga tidak menyusun laporan keuangannya secara tepat waktu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling . Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 12 SKPD di pemerintah kota Malang. Pengolahan data menggunakan metode statistik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel SDM, peraturan, dan sarana pendukung berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan SKPD, sedangkan variabel motivasi dan variabel pelatihan tidak mempunyai pengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan SKPD yang tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/50/0511000573
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 23 May 2011 09:29
Last Modified: 18 Oct 2021 13:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105547
[thumbnail of 051100573.pdf]
Preview
Text
051100573.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item