AndikaCandra (2011) Peran Strategi Komunikasi BIPANG terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Pada PT PLN (Persero) APJ Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan sedang melakukan suatu perubahan dalam hal peningkatan komunikasi melalui strategi komunikasi “BIPANG” , Strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi yang ada dalam diri karyawan. Kepuasan kerja dan komitmen organisasi merupakan syarat yang penting untuk kelangsungan keputusan strategi yang akan diterapkan nantinya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu ingin menggambarkan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis, analisis ini berfungsi untuk mengetahui hubungan secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap kepuasan kerja, strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi serta pengaruh secara tidak langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Sampel pada penelitian ini adalah 43 karyawan PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan , Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap kepuasan kerja sebesar 48,3 %, (2) terdapat pengaruh secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi sebesar 36,7 %. (3) terdapat pengaruh secara langsung antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 46 %. (4) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 22,2 %. Dari penelitian ini, maka diharapkan PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan akan lebih memperhatikan lagi peran dari strategi komunikasi “BIPANG” karena telah terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada diri karyawan, dimana komitmen organisasi merupakan syarat penting untuk pelaksanaan strategi-strategi yang ditetapkan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/5/ 051100522 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 13:58 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 02:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105546 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (11kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4kB) | Preview |
Preview |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (34kB) | Preview |
Preview |
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (37kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (40kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (96kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (415kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |