Peran Strategi Komunikasi BIPANG terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Pada PT PLN (Persero) APJ Pasuruan, Jawa Timur.

AndikaCandra (2011) Peran Strategi Komunikasi BIPANG terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Pada PT PLN (Persero) APJ Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan sedang melakukan suatu perubahan dalam hal peningkatan komunikasi melalui strategi komunikasi “BIPANG” , Strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi yang ada dalam diri karyawan. Kepuasan kerja dan komitmen organisasi merupakan syarat yang penting untuk kelangsungan keputusan strategi yang akan diterapkan nantinya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu ingin menggambarkan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis, analisis ini berfungsi untuk mengetahui hubungan secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap kepuasan kerja, strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi serta pengaruh secara tidak langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Sampel pada penelitian ini adalah 43 karyawan PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan , Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap kepuasan kerja sebesar 48,3 %, (2) terdapat pengaruh secara langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi sebesar 36,7 %. (3) terdapat pengaruh secara langsung antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 46 %. (4) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara strategi komunikasi “BIPANG” terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja sebesar 22,2 %. Dari penelitian ini, maka diharapkan PT. PLN (Persero) APJ Pasuruan akan lebih memperhatikan lagi peran dari strategi komunikasi “BIPANG” karena telah terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada diri karyawan, dimana komitmen organisasi merupakan syarat penting untuk pelaksanaan strategi-strategi yang ditetapkan berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/5/ 051100522
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2011 13:58
Last Modified: 02 Mar 2022 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105546
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (20kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item