Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusah

Afni, Alfin Nur (2011) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling . Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang mengungkapkan item-item Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Good Corporate Governance (GCG) yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (3) Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi, mampu memoderasi pengaruh antara CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan.

English Abstract

This study aims to investigate the influence of CSR and GCG on corporate value while profitability takes the rate of moderating variable. This research uses secondary data obtained from Indonesian Stock Exchange. The data consist of corporate annual report and financial statements. Purposive sampling scheme is employed in this study and the sample are taken from listed manufacturing companies disclosing CSR and items in this reports directed to the Indonesian Stock Exchange. The results of this study show that: (1) CSR does not influence the corporate value. (2) GCG does influence the corporate value. (3) The profitability is able to moderate the influence of CSR and GCG on corporate value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/489/ 051103429
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Corporate Value, Profitability
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Sep 2011 10:52
Last Modified: 26 Jul 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105535
[thumbnail of Alfin Nur Afni.pdf] Text
Alfin Nur Afni.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item