Analisis Pengaruh Reputasi Kantor Akuntan Publik, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Prediksi Kebangkrutan Serta Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Dengan Modifikasi Going Concern (Studi Pada Peru

Renawati (2011) Analisis Pengaruh Reputasi Kantor Akuntan Publik, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Prediksi Kebangkrutan Serta Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Dengan Modifikasi Going Concern (Studi Pada Peru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan dimasa yang akan datang sangat penting untuk diketahui oleh investor yang ingin berinvestasi pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, dalam SPAP no. 30 diatur mengenai tanggung jawab auditor untuk mengevaluasi apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam waktu yang pantas, tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal laporan keuangan yang sedang diaudit. Jika dari evaluasi yang dilakukan oleh auditor terdapat keraguan terhadap kemampuan untuk mempertahankan hidupnya, maka auditor harus menerbitkan opini audit dengan modifikasi going concern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Reputasi Kantor Akuntan Publik, opini audit tahun sebelumnya, prediksi kebangkrutan, serta pertumbuhan perusahaan terhadap pemberian opini audit dengan modifikasi going concern pada suatu perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai tahun 2006-2009. Pemilihan sampel-sampel tersebut dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil pengujian regresi logistik menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya dan Prediksi kebangkrutan (model revisi Altman) berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit dengan modifikasi going concern . Sedangkan reputasi kantor Akuntan Publik dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberian opini audit dengan modifikasi going concern .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/482/ 051103422
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Sep 2011 10:59
Last Modified: 20 Sep 2011 10:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105528
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item