Pengaruh publik negatif, kepercayaan, komitmen terhadap loyalitas konsumen produk mie instan merek Indomie.

AditiyaYudithSuhendra (2011) Pengaruh publik negatif, kepercayaan, komitmen terhadap loyalitas konsumen produk mie instan merek Indomie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan industri makanan di Indonesia khususnya mie instant sangatlah pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan mie instant yang tumbuh dan berkembang di Indonesia pada saat ini. Dengan meningkatnya jumlah produsen mie instant maka akan berakibat pada persaingan yang semakin ketat. PT. Indofood Sukses Makmur adalah salah satu perusahaan mie instant terbesar di Indomesia yang mengerti benar dengan kondisi persaingan bisnis mie instant saat ini. PT. Indofood Sukses Makmur sebagai salah satu pelopor perusahaan mie di Indonesia tentu telah memiliki pangsa pasar yang cukup luas dan konsumen yang loyal, tetapi dengan adanya publisitas negatif akhir-akhir ini mengenai kandungan berbahaya pada produk Indomie dikhawatirkan akan mempengaruhi loyalitas konsumen. Untuk meningkatkan penurunan loyalitas yang disebabkan adanya publisitas negatif tersebut perusahaan perlu meningkatkan kepercayaan dan komitmen dari konsumen, karena dengan adanya loyalitas dari konsumen merupakan kunci bagi perkembangan perusahaan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh publisitas negatif, kepercayaan, komitmen baik secara parsial maupun simultan serta variabel independen yang dominan terhadap loyalitas konsumen produk mie instan Indomie Jenis penelitian yang digunakan explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas yang terdiri dari publisitas negatif (X 1 ), kepercayaan (X 2 ), komitmen (X 3 ) sedangkan variabel terikat yaitu loyalitas konsumen (Y). Penelitian dilakukan pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang angkatan 2007 dengan sample sebanyak 89 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas, sedangkan untuk uji hipotesis mengunakan uji t dan uji F. untuk alat analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, heterokedastisitas, normalitas, autokorelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan maupun secara parsial variabel publisitas negatif (X 1 ), kepercayaan (X 2 ), komitmen (X 3 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/48/ 051100571
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Mar 2011 10:13
Last Modified: 23 Mar 2011 10:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105525
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item