Pengaruh kinerja keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di beberapa kabupaten dan kota di propinsi Jawa Timur.

Irfana, DennyDwi (2011) Pengaruh kinerja keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di beberapa kabupaten dan kota di propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka mewujudkan keinginan desentralisasi dan guna mengurangi ketergantungan daerah kepada pemerintahan pusat, dikeluarkanlah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dengan adanya undang-undang tersebut Pemerintahan Republik Indonesia secara resmi memberlakukan status otonomi daerah kepada daerah otonom. Undang-undang tersebut kemudian disempurnakan dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 32 dan 33 Tahun 2004. Anggaran daerah atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan instrumen kebijakan yang utama bagi pemerintah daerah. Dalam rangka mengukur kinerja keuangan pemerintah daerah dapat dilakukan dengan cara melihat laporan keuangan yang terdapat dalam APBD dan kemudian dianalisis berdasarkan rasio keuangan. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hamzah (2008). Penelitian dikembangkan dengan membuat dua model komparatif untuk mengetahui sejauh mana efektivitas kebijakan alokasi keuangan pemerintah daerah terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan tingkat kemiskinan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel pemkot dan pemkab yang berada di propinsi Jawa Timur. Pengujian terhadap hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda pada tingkat α sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan, dengan menggunakan model tingkat pertumbuhan perekonomian, penelitian ini tidak berhasil membuktikan adanya pengaruh simultan rasio kemandirian, efisiensi, dan efektivitas terhadap tingkat pertumbuhan perekonomian daerah. Hasil pengujian dengan menggunakan model tingkat kemiskinan, menunjukkan adanya pengaruh simultan rasio kemandirian, efisiensi, dan efektivitas terhadap tingkat kemiskinan daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/473/ 051103418
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jan 2012 14:03
Last Modified: 20 Jan 2012 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105519
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item