Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan rokok (Studi Pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Mustofa, Lutfiana (2011) Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan rokok (Studi Pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kinerja keuangan dengan menggunakan rasio keuangan. Alat analisis yang digunakan adalah rasio keuangan yang digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio manajemen aktiva, rasio leverage , rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006 hingga 2009. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. HM Sampoerna, Tbk. memiliki kinerja yang lebih bagus dibanding perusahaan lainnya karena rasiorasio perusahaan relatif baik. PT. Gudang Garam, Tbk memiliki kinerja keuangan kurang baik karena rasio manajemen aktiva, rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasarnya rendah. PT. Bentoel Internasional Investama, Tbk. menunjukkan kinerja yang cenderuk lebih buruk dari dua perusahaan yang lain karena hanya rasio likuiditas dan rasio nilai pasar yang cenderung lebih tinggi dari rata-rata industri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/473/ 051103413
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jan 2012 15:04
Last Modified: 13 Jan 2012 15:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105518
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item