Nuryono (2011) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pengunjung Pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu ; bukti fisik ( tangible ), keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( empaty ) terhadap kepuasan Pengunjung pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kualitas pelayanan) terhadap variabel bebas (kepuasan pengunjung) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Causal-Comparative Research , digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan sebab akibat dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya terhadap kepuasan pengunjung. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental , yaitu pengambilan sampel dengan menyebarkan kuesioner kepada pengunjung PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Dari hasil regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (kualitas pelayanan) yaitu variabel bukti fisik (X 1 ), variabel keandalan (X 2 ), variabel daya tanggap (X 3 ), variabel jaminan (X 4 ), dan variabel empati (X 5 ) secara bersama-sama atau simultan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pengunjung (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (49,595 > 2,311) dengan signifikansi < α (0,000 < 0,05) , dari hasil analisis uji t secara parsial dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel bukti fisik (X 1 ), variabel keandalan (X 2 ), variabel daya tanggap (X 3 ), variabel jaminan (X 4 ), variabel empati (X 5 ) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung dan juga dapat diketahui bahwa variabel daya tanggap (X 3 ) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pengunjung (Y), hal ini dapat dibuktikan dari besarnya nilai koefisien regresi variabel bebas yang mempunyai koefisien regresi paling besar (0,221) adalah variabel daya tanggap (X 3 ). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelima variabel bebas yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya. Variabel daya tanggap (X 3 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pengunjung PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2011/471/ 051103411 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Jan 2012 14:14 |
Last Modified: | 20 Jan 2012 14:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |