Analisis Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen dan Jumlah Anggota Komite Audit Terhadap Manajemen Laba ( Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia)”

LaelyAyuRosyida (2011) Analisis Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Independen dan Jumlah Anggota Komite Audit Terhadap Manajemen Laba ( Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi dewan komisaris independen dan jumlah anggota komite audit terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan model discretionary accrual Jones dimodifikasi untuk menghitung manajemen laba. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling , dengan kriteria bahwa perusahaan terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut -turut dimulai periode 2007, perusahaan menerbitkan laporan tahunan dalam bentuk mata uang Rupiah antara tahun 2007-2009, memiliki dewan komisaris dan komite audit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R 2 ) bernilai 0,394 yang berarti sama dengan 39,4% variabel proporsi dewan komi saris independen dan komite audit mempengaruhi manajemen laba, sedangkan sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar kedua variabel tersebut. Dan berdasarkan hasil hipotesis menyatakan bahwa: (1) proporsi dewan komisaris independen secara signifikan berpengaruh negatif terhadap aktivitas manajemen laba. Artinya bahwa proporsi dewan komisaris dapat mengurangi aktivitas manajemen laba; (2) jumlah anggota komite audit secara signifikan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Artinya bahwa jumlah anggota komite audit dapat mempengaruhi manajemen laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/47/ 051100570
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Mar 2011 10:00
Last Modified: 23 Mar 2011 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105514
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item