Analisis Keterkaitan Sektor Pertanian dan Sektor Industri Sebagai Pembangunan Ekonomi (Studi Kasus di Kabupaten Jombang).

Rafiq, Ainur (2011) Analisis Keterkaitan Sektor Pertanian dan Sektor Industri Sebagai Pembangunan Ekonomi (Studi Kasus di Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cenderung meningkat, selain dapat menjadi potensi sumberdaya pembangunan juga dapat menimbulkan permasalahan baru dimasa mendatang jika tidak diantisipasi dengan baik mulai sekarang. Kesediaan pangan menjadi semakin relevan khususnya masalah produktivitas dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan pengolahan produksi pasca panen dalam pemenuhan daya saing industri dan peningkatan kesejahteraan petani. Pada ranah inilah yang menjadi titi kelemahan sektor pertanian, dimana pengolahan pasca panen terutama yang berkaitan dengan sentuhan sektor industri. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Jombang, industri pengolahan pangan sangat kecil. Dari total 383 industri kecil dan 2 industri besar di Kabupaten Jombang, hanya 16 industri pengolahan pangan yang dapat memproduksi produk baru pertanian sehingga bisa meningkatkan nilai tambah. Ini berarti hanya terdapat 4,15% industri pengolahan pangan dari total industri kecil dan besar yang ada di Kabupaten. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi transformasi struktural dari sektor pertanian ke sektor industri pengolahan atau sektor perdagangan, hotel, dan restoran di Jombang yang dilihat dari PDRB Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan dan mengetahui sub-sektor unggulan di Kabupaten Jombang dan analisis angka pengganda output untuk mengetahui peranan sektor pertanian dan sektor industri terhadap perkembangan perekonomian Kabupaten Jombang. Manfaat penelitian ini ialah merumusan kebijakan dalam pengembangan sektor agroindustri unggulan di Jombang. Lokasi penelitian di Kabupaten Jombang dan menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jombang. analisis dalam penelitian ini menggunakan keterkaitan-keterkaitan ke belakang dan keterkaitan ke depan, serta angka pengganda output, pendapatan, dan nilai tambah. Perolehan penelitian kurang menunjukkan adanya transformasi struktural dari sektor pertanian menuju ke sektor industri pengolahan hasil pertanian yang mampu menghasilkan output lebih besar, menyerap tenaga kerja lebih banyak, serta mempunyai nilai tambah yang cukup besar. Ditinjau dari angka pengganda, sektor agroindustri memiliki potensi tinggi pada komposisi sub-sektor yang mempunyai angka pengganda sehingga dapat mendorong pembangunan perekonomian Kabupaten Jombang lebih cepat serta dapat mengatasi permasalahan ketahanan pangan yang sedang memerlukan kontribusi peran semua lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/444/ 051103111
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2011 10:56
Last Modified: 12 Sep 2011 10:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105487
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item