Analisis Terhadap Bias, Stabilitas, Dan Korelasional Beta Saham Dengan Return Saham Perusahaan-Perusahaan Publik Di Indonesia.

Nurtaman, Anhar (2011) Analisis Terhadap Bias, Stabilitas, Dan Korelasional Beta Saham Dengan Return Saham Perusahaan-Perusahaan Publik Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai bias yang terjadi pada beta saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, menentukan metode koreksi yang paling baik dalam mengoreksi bias pada beta saham, serta tingkat korelasi antara beta saham dengan tingkat return saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 37 perusahaan dari 376 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Bias pada beta saham ditentukan dari nilai beta pasar yang tidak sama dengan 1 bila dihitung dengan menggunakan rumus rata-rata tertimbang. Penentuan metode koreksi yang paling baik dalam mengoreksi bias pada beta saham dilihat dari nilai koefisien variasi masing-masing metode koreksi, sedangkan untuk menentukan tingkat korelasi antara beta saham dengan return saham dilihat dari nilai koefisien korelasi Pearson antara beta saham yang belum dikoreksi dengan rata-rata return saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi bias pada beta saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kemudian metode koreksi Scholes dan Williams menunjukkan nilai koefisien variasi yang terkecil untuk periode koreksi 1 lag dan 1 lead , 2 lags dan 2 leads , dan 4 lags dan 4 leads mengindikasikan metode koreksi ini yang paling baik dalam mengoreksi bias pada beta saham. Untuk korelasi antara beta saham dengan return saham menunjukkan bukti adanya korelasi yang lemah dan tidak selalu positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/441/ 051103108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2011 10:37
Last Modified: 12 Sep 2011 10:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105484
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item