Perencanaan Pajak Dalam Rangka Penghematan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah)

Yuwono, Murih (2011) Perencanaan Pajak Dalam Rangka Penghematan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang perbankan. Pada perusahaan yang berbentuk PT diharuskan untuk membayar pajak sesuai dengan Undang-undang Perpajakan nomor 36 tahun 2008. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan perencanaan pajak dengan tujuan meminimalkan beban pajak yang harus dibayar tanpa melanggar Undang-undang yang berlaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu meneliti kasus dengan membandingkan pembayaran pajak tanpa tax planning dengan pembayaran pajak dengan tax planning . Jenis data yang digunakan adalah profil perusahaan, laporan laba rugi perusahaan tahun 2009, dan perincian gaji semua pegawai tetap pada tahun 2009. Sumber data berasal dari wawancara dan observasi dengan bagian accounting perusahaan dan dokumen-dokumen perusahaan. Dengan penerapan tax planning pada perusahaan, dengan menerapkan metode gross up pada perhitungan Pajak Penghasilan pasal 21 karyawan, maka Pajak Penghasilan menjadi lebih kecil. Sedangkan melalui pengaturan pembayaran tunjangan, perusahaan dapat menghemat Pajak Penghasilan yang cukup besar. Jadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan dilaksanakannya tax planning dengan cara penerapan metode gross up dalam perhitungan Pajak Penghasilan pasal 21 karyawan dan pengaturan pembayaran tunjangan, dapat mengurangi Pajak Penghasilan terutang yang harus dibayar oleh PT Bank Perkreditan Rakyat Nur Semesta Indah, Jember.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/437/ 051103104
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2011 09:31
Last Modified: 12 Sep 2011 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105480
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item