Dampak Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Kegiatan Usaha Nasabah (Studi Kasus pada Bank BRI, Kantor Unit Tawangmangu, Malang)

Pratama, RezaRiandy (2011) Dampak Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Kegiatan Usaha Nasabah (Studi Kasus pada Bank BRI, Kantor Unit Tawangmangu, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama ini diakui berbagai pihak cukup besar dalam perekonomian nasional. Beberapa peran strategis UMKM menurut Bank Indonesia antara lain : jumlahnya yang cukup besar dan terdapat dalam setiap sektor ekonomi, menyerap banyak tenaga kerja dan setiap investasi menciptakan lebih banyak kesempatan kerja. Dalam posisi strategis tersebut, pada sisi lain UMKM masih menghadapi banyak masalah dan hambatan dalam melaksanakan dan mengembangkan aktivitas usahanya. Sebenarnya masalah dan kendala yang dihadapi masih bersifat klasik yang selama ini telah sering diungkapkan, antara lain : manajemen, permodalan, Teknologi, bahan baku, informasi dan pemasaran, infrastruktur, birokrasi dan pungutan, serta kemitraan. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut: Bagaimana peranan kredit dalam menunjang perkembangan ekonomi nasabah.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kontribusi kredit terhadap perkembangan ekonomi usaha Usaha Mikro ,Kecil dan Menengah (UMKM), yang diharapkan peneliti, kredit dapat menciptakan perkembangan usaha nasabah untuk menjadi sejahtera dan berkecukupan. Data penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara secara mendalam, kebsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa kredit berperan penting bagi kelangsungan usaha para nasabah, kredit yang di berikan BRI kanit Tawangmangu dapat mendorong prilaku untuk bertindak lebih ekonomis/ hati-hati dalam menggunakan dana nya, dan terbukti dengan menggunakan prinsip keh atihatian, usaha para nasabah berjalan dengan lancar, contohnya saja nasabah tidak sembarangan menggunakan labanya untuk foya-foya namun digunakan untuk ber investasi guna perkembangan dari usaha nasabah. Permasalahan pada hasil penelitian ini yaitu skala dari kredit yang diterima masih kurang besar, sehingga nasabah belum bisa menambah jumlah tenaga kerjanya. skala kredit yang diberikan kepada nasabah yaitu ditingkatkan sampai dengan sesuai volume proporsinal, kesegala sektor ekonomi rakyat, agar merata sehingga mendorong usaha para nasabah dan harapanya peningkatan dari skala kredit ini mempengaruhi dari penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/425/ 051102950
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2011 11:34
Last Modified: 15 Aug 2011 11:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105466
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item