Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit dengan Modifikasi Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaf

Nurdyanto, Wendi (2011) Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit dengan Modifikasi Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaf. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kondisi keuangan perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan opini audit tahun sebelumnya terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern (GCAO). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008 dan 2009 yaitu sebanyak 152 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 36 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling . Data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut kemudian diolah dengan menggunakan alat analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi keuangan perusahaan dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Sementara itu, variabel pertumbuhan perusahaan tidak terbukti berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2011/419/ 051102944
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Aug 2011 12:05
Last Modified: 06 Oct 2022 00:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/105459
[thumbnail of Wendi Nurdyanto.pdf] Text
Wendi Nurdyanto.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item